Casa Vicens Antoni Gaudí Buka Pintu Flamboyan-nya untuk Publik Setelah 130 Tahun


Casa Vicens yang flamboyan namun elegan, modern namun klasik, rumah pertama yang dibangun oleh jasa arsitek Antoni Gaudí, telah direnovasi, direstorasi dan dirombak dan pada musim gugur 2017 membuka pintunya yang berukiran ke publik, 130 tahun setelah konstruksi aslinya (antara tahun 1883-1885 ). Dibeli oleh bank swasta terkemuka Andorran, MoraBanc pada tahun 2014, mereka mensponsori transformasi ini sebagai usaha bersama dengan Calaf AMC5 dan arsitek terdaftar José Antonio Martínez Lapeña, Elías Torres dan David García dari studio arsitektur Martínez Lapeña-Torres Arquitectes S.L.P. dan Daw Office S.L.P. untuk mendalangi proyek besar itu. The repurposing dari Casa Vicens berarti bahwa sekarang adalah tujuan wisata, dengan wisata yang diselenggarakan dari rumah itu sendiri yang dilengkapi dengan serangkaian pameran sementara serta permanen, yang terakhir mengenai sejarah bangunan, pengaruh Gaudí dan konteksnya.

Kami tidak perlu memperkenalkan Antoni Gaudí, jasa arsitek  murah Catalonian yang mendefinisikan ulang dekorasi, arsitektur, dan estetika. Tetapi jika ada yang tidak tahu karyanya, melihat Casa Vicens - BTW dia berusia 31 tahun ketika dia membangunnya - adalah kursus pengantar kilat yang sempurna. Bahkan saat ini, hampir satu setengah abad setelah pertama kali dibangun, bangunan ini membentang imajinasi dan menantang gagasan tentang seperti apa rumah pribadi "harus". Karena sampai dibeli oleh MoraBanc itu memang rumah keluarga, dan satu yang sepanjang hidupnya mengalami suksesi modifikasi, seperti dibagi menjadi tiga flat independen pada tahun 1925. Bangunan sudut - yang pada tahun 2005 diberi nama bangunan kedelapan di Barcelona akan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO - dengan ubin berwarna-warni yang menutupi façade, tepi kue jahe dan menara runcing yang menonjol di atas atap dua lantai adalah pemandangan yang mengesankan.

Mungkin karena awalnya dibangun sebagai rumah musim panas untuk broker-dealer Manel Vicens i Montaner, disposisi unik dari perancangnya diizinkan untuk menciptakan kemakmuran visual tersebut. Bagi Gaudí memang jenius dalam hal desain, suatu sifat dalam pandangan penuh di Casa Vicens. Cara dia secara tak terduga menafsirkan kembali konstruksi Catalan tradisional - baik di dalam ruangan maupun di luar - menggabungkan di dalamnya sejumlah elemen simbolik dan dekoratif memang telah menyebabkan banyak orang menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mempelajari bagaimana ia berhasil mencapai prestasi ini. Jadi, kami tidak akan mencoba memeriksa itu di sini. Sebaliknya, kita akan mengambilnya dengan nilai nominal dan menatap kagum dan bertanya-tanya, setiap kedipan mata mengungkapkan kepada kita lapisan lain dari penguasaannya dan detail lain yang menonjol. Tidak ada permukaan yang tidak memiliki hiasan dan ada begitu banyak hal yang bisa dilihat. Lebih baik kita antre.

Komentar